Peristiwa

Besok, 2 Ribu Dosis Vaksin PMK Bakal Tiba Lagi di Lamongan

Penyuntikan vaksin untuk ternak sapi yang dilakukan Disnakeswan Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Lamongan bakal kembali menerima 2 ribu vaksin tambahan yang akan tiba pada Kamis besok (6/7/2022). Sebelumnya Lamongan telah menerima 7 ribu vaksin PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dari Pemprov Jatim beberapa hari lalu.

Medik Veteriner Madya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan drh. Rahendra Prasetya menyampaikan bahwa ribuan vaksin itu akan disalurkan ke sejumlah kecamatan di Lamongan.

“Dua ribu vaksin itu akan menyasar Kecamatan Sukorame dan Buluk, juga di kawasan utara, Paciran dan Brondong, tapi masih dirundingkan,” ungkap Rahendra, Rabu (6/7/2022).

Rahendra juga menjelaskan, dua ribu dosis vaksin yang bakal tiba besok tersebut bakal tetap memprioritaskan wilayah dengan potensi penularan yang minim, dengan sasaran utama kategori sapi betina pembibit dan pedet (anakan sapi).

“Sasarannya masih sama, kita dahulukan daerah yang memang penularannya rendah,” paparnya.

Lebih lanjut, Rahendra menuturkan, 7 ribu dosis vaksin yang telah digelontorkan di 8 kecamatan zona hijau PMK sebelumnya kini hanya menyisakan 111 dosis vaksin saja, sedangkan yang sudah tersalur berjumlah 6.889 dosis.

“Sisa dari 7 ribu dosis vaksin yang kemarin didapat rencananya akan diselesaikan pada besok hari,” imbuhnya.

Meski telah mendapat jatah 7 ribu vaksin dan 2 ribu vaksin lagi, Rahendra mengaku, hal itu belum mencukupi kebutuhan vaksinasi di Lamongan. Pasalnya, sesuai data yang dihimpun Disnakeswan Lamongan, total kebutuhan vaksin PMK di Lamongan sebanyak 117 ribu sapi.

“Total kebutuhan vaksin PMK di Lamongan sebanyak 117 ribu sapi. Sementara yang sudah tersuntik vaksin hanya berjumlah 7 ribu sapi,” tandasnya. [riq/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar