Peristiwa

Bertahun-tahun Kekeringan saat Kemarau, Warga Akhirnya Temukan Sumber Air

Bojonegoro (beritajatim.com) – Jajaran TNI Posramil 0813-19/Gondang, Kabupaten Bojonegoro, bersama dengan Kelompok Masyarakat Banyu Urip menggali dan menemukan sumber mata air bersih yang debitnya cukup besar.

Penemuan titik sumber air bersih ini berkedalaman tiga meter, tepatnya berlokasi di lahan hibah persawahan milik Yatno Prayogo (42) warga Dusun Tikung, Desa Senganten, Kecamatan Gondang.

Sebelumnya, Desa Gondang selalu terdampak kekeringan saat musim kemarau. Adanya temuan sumber mata air ini menjadi karunia, karena sumber mata air yang hanya berjarak sekitar 850 meter dari Markas Posramil setempat.

Danposramil 0813-19/Gondang Peltu Yitno Kuncoro mengatakan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya untuk pembangunan infrastruktur dan pengelolaan sumber air bersih tersebut.

Direncanakan, selain untuk mengairi areal persawahan, sumber mata air tersebut juga untuk kebutuhan warga enam RT Di Dusun Tikung Desa Gondang. “Semoga temuan sumber air bersih ini bisa bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan air warga binaan disekitar Desa Gondang,” ujarnya, Rabu (26/8/2020).

Ditambahkan, sumber air ini juga sudah dibuatkan bak penampung dibelakang Kantor Posramil, untuk mempermudah mengalirkan ke rumah-rumah penduduk. “Diharapkan masyarakat nantinya dapat menjaga dan memanfaatkan air bersih ini dengan sebaik-baiknya,” pungkas Peltu Yitno Kuncoro.

Salah seorang warga yang tanahnya dihibahkan untuk pengeboran sumber mata air, Yatno Prayogo mengaku senang karena bisa membantu warga yang kesulitan mendapat akses air bersih. “Karena saat ini warga sudah tidak perlu jauh-jauh ngangsu (mengambil air) untuk kebutuhan rumah tangga. Alhamdulillah, sangat bermanfaat,” terangnya. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar