Peristiwa

Bersihkan Kali Buntung Waru, Gubernur Khofifah dapat Ular Piton

Sidoarjo (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Jawa Timur bersama TNI, Polri, Tagana dan beberapa relawan melakukan bersih-bersih di Kali Buntung di bawah Jembatan Layang Waru Selasa (21/1/2020).

Kerja bakti malam hari ini mendapat pantauan langsung dari Gubernur Jawa Timur  Hj. Khofifah Indar Parawansa dan Plt Bupati Sidoarjo H Nur Ahmad Saifuddin.

Bersih-bersih kotoran sampah dan tanaman air ini untuk mengantisipasi serta mencegah adanya banjir di wilayah Waru dan sepanjang aliran Kali Buntung.

“Banjir sering terjadi akibat air sungai Kali Buntung meluap. Air sungai tidak bisa mengalir secara normal karena tersumbat sampah, yang dibuang di sungai,” kata Plt Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin.

Sementara Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bersih-bersih dan upaya lainnya untuk mencegah banjir akan terus dilakukan Propinsi Jawa Timur bersama pemerintah daerah yang ada.

“Seperti yang terlihat di Kali Buntung, banyak terdapat sampah dan tanaman air hingga mencegah lancarnya aliran air di sungai,” tandasnya.

Khofifah juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam mencegah adanya banjir. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai.

“Mari kita budayakan menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya,” himbau dia.

Pengamatan di lapangan, bersih-bersih kotoran san sampah di Kali Buntung ini sempat riuh. Karena saat alat berat mengangkat sampah dan tanaman air ke atas truk, ada seekor ular jenis piton sepanjang sekitar 5 meter.  (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar