Peristiwa

Bersih-bersih Sepanjang Rel di Surabaya, 5 Gerbong PT KAI Penuh Sampah

Sampah yang menumpuk di angkut lima gerbong usai 150 petugas bersihkan jalur KA di Surabaya, Minggu (19/1/2020).(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Tercatat setidaknya ada lima gerbong kereta api penuh sampah hasil bersih-bersih 150 petugas di sepanjang rel di Kota Surabaya, Minggu (19/1/2020).

Kegiatan yang mendukung program Pemkot Surabaya untuk menciptakan Kota Surabaya yang bersih dan asri, PT KAI Daop 8 Surabaya bersama Dishub Kota Surabaya dan masyarakat sekitar jalur rel melaksanakan acara kerja bhakti bersih-bersih. Kegiatan ini berlangsung di tujuh kecamatan sepanjang jalur rel antara Stasiun Surabaya Pasar Turi – Stasiun Tandes dengan jarak mencapai 5 Km.

“Sebanyak 150 orang bersama – sama masyarakat membersihkan sampah yang selama ini menumpuk di pinggiran rel. Kita operasionalkan perjalanan KA barang yang terdiri 5 gerbong jenis GD (Gerbong Datar, red), khusus untuk pengangkut sampah hasil dari operasi bersih tersebut,” papar Manager Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan, tujuh kelurahan yang wilayahnya berada di sekitar jalur rel antara Pasar Turi sampai Tandes memang banyak sampah. Tak hanya itu, masyarakat sekitar rel juga membangun kandang ayam, burung dan juga temoat pembakaran sampah. Oleh sebab itu, PT KAI bersama dinas terkait merangkul warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Selain kegiatan kerja bhakti, dilakukan pula acara sosialisasi mengenai larangan membuang sampah, menanam pohon tinggi dan mendirikan bangunan di sekitar jalur rel.

“Karena selain membahayakan bagi perjalanan kereta api dan masyarakat, tindakan tersebut telah melanggar peraturan dalam UU No:23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, pasal 178 dan 181. Selanjutnya bagi para pelaku akan mendapatkan sanksi hukum sesuai UU No:23 tahun 2007, pasal 192 dan 199,” terang mantan Manager Humas Daop IV Semarang ini.(man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar