Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Berbagai Jenis Barang Bukti Dimusnahkan Kejari Kota Mojokerto

Pemusnahan barang bukti di halaman Kejari Kota Mojokerto. [Foto : ist]

­Mojokerto (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Mojokerto melakukan pemusnahan barang bukti sitaan negara dari 71 perkara tindak pidana umum. Pemusnahan sejumlah barang bukti hasil sitaan negara tersebut dari putusan perkara tindak pidana telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Pemusnahan barang bukti digelar di halaman Kejari Kota Mojokerto tersebut berupa, sabu sebanyak 92.436 gram, pil double L sebanyak 28.415 butir, ekstasi sebanyak tiga butir, inex sebanyak 98 butir, senjata tajam sebanyak dua buah, Handphone (HP) sebanyak lima) unit dan timbangan sebanyak 12 (dua belas) unit.

Kepala Kejari Kota Mojokerto, Hadiman melalui Kasi Intel Kejari Kota Mojokerto, Ali Prakoso mengatakan, pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara dibakar. “Barang bukti tersebut bersumber dari barang bukti yang dirampas untuk negara sehingga menjadi barang rampasan negara,” ungkapnya, Kamis (9/6/2022).

Pemusnahan barang bukti di halaman Kejari Kota Mojokerto. [Foto : ist]
Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan mencegah atau penggunaan kembali alat atau hasil kejahatan. Pemusnahan barang bukti juga dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pelaku dan orang yang akan melakukan kejahatan.

“Untuk perkara, itungannya bukan dalam waktu berapa bulan. Karena ada perkara tahun kemarin yang baru selesai tahun ini. Ada juga yang perkara tahun ini, jadi ada perkara tahun lalu dan tahun ini. Yakni perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap, karena bisa saja perkara 2019 baru berkekuatan hukum tetap tahun 2022,” jelasnya.

Turut hadir Kasat Reskrim Polresta Mojokerto, AKP Rizki Santoso, Kasat Narkoba Polresta Mojokerto, AKP Singgih Kurniawan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Mojokerto, AKBP Suharsi Perwakilan dari Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto, dan para Kasi dan Kasubag Pembinaan dan pegawai Kejari Kota Mojokerto. [tin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar