Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Berangkat Gelombang Pertama, 696 CJH Lamongan Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Bimbingan manasik haji reguler Kabupaten Lamongan yang diikuti 696 CJH, di Masjid Namira, Minggu (22/5/2022)

Lamongan (beritajatim.com) – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lamongan menyambut antusias keberangkatan mereka ke tanah suci. Itu setelah dua tahun pelaksanaan ibadah haji dan umrah ditiadakan.

Kini, sebanyak 696 CJH yang masuk kelompok terbang (kloter) 4 dan 5 pada gelombang pertama pemberangkatan haji ini mulai mengikuti bimbingan manasik haji reguler tahun 2022 bertempat di Masjid Namira Lamongan, Minggu (22/5/2022).

“Alhamdulillah kita patut bersyukur, di antara ribuan calon jamaah yang sudah antre selama 30 tahun, bapak ibu semua terpilih di tahun ini. Dari 696 orang ini nanti akan berangkat menjadi 2 (dua) kloter. Meski surat resminya belum turun, informasi yang kami terima CJH Lamongan berangkat (gelombang) pertama,” ungkap Kepala Kemenag Lamongan, Fausi.

Selain itu, Fausi menambahkan, pembekalan manasik haji masal di Kabupaten Lamongan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni mulai Minggu hari ini hingga Senin (23/5/2022) dan dilanjutkan di tingkat Kecamatan pada Selasa (24/5/2022).

Oleh sebab itu, Fausi mengimbau agar seluruh CJH tetap semangat mengikutinya. Ia juga berharap, jadwal pemberangkatan untuk CJH Lamongan tersebut tak mengalami perubahan. “Mari kita siapkan bekal dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya tekad kuat namun juga fisik yang prima, meski nantinya tiap kloter akan didampingi oleh petugas yang terdiri dari Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI),” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir dalam kegiatan ini juga turut memberikan pembekalan kepada CJH Lamongan. Ia meminta agar CJH tetap menjaga kesehatan, terutama yang sudah berusia lanjut.

Menurutnya, perkiraan di tanah suci bakal memasuki musim panas yang suhunya bisa mencapai 46 derajat celcius. “Ibadah Haji tidak hanya ibadah ruhani, tapi juga ibadah fisik. Semoga perjalanan ke rumah Allah berjalan lancar dan kembali dengan selamat tidak kurang suatu apapun dan menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Lebih jauh Bupati Yuhronur juga tak melewatkan kesempatan untuk meminta doa dari CJH untuk keselamatan Kabupaten Lamongan agar senantiasa dimudahkan dalam menghadapi segala rintangan ke depannya. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar