Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Benteng Van Den Bosch Bakal Dikelola Pemkab Ngawi Usai Revitalisasi

Kawasan Benteng Van den Bosch yang kini masih dalam proses revitalisasi, Selasa (7/12/2021) (foto: Asep Syaeful Bachri for beritajatim.com)

Ngawi (beritajatim.com) – Pengelolaan Benteng Van Den Bosch Ngawi bakal diserahkan ke Pemkab Ngawi jika sudah selesai tahun depan. Hal tersebut disampaikan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Diana Kusumastuti saat tinjau benteng yang juga dikenal sebagai Benteng Pendem, Selasa (7/12/2021).

Diana membenarkan kalau nanti sudah selesai, pengelolaan bakal diserahkan ke pemkab setempat. Namun, belum ada keputusan yang resmi terkait pemanfaatan benteng  selain untuk aktivitas pariwisata. Bisa digunakan untuk museum hingga venue event-event baik pemkab ataupun instansi lain.

”Meski secara administrasi kepemilikan tanah ini dulunya jadi aset Kementerian Pertahanan. Nanti bakal dialihkan ke Pemkab sehingga bisa dikelola maksimal oleh pemkab,” kata Diana pada awak media, Selasa (7/12/2021).

Dia mengharapkan kawasan benteng Pendem yang dibangun sekitar tahun 1825 saat era perang Diponegoro, bisa jadi pusat pelestarian budaya hingga jadi ruang berkumpul bagi anak-anak muda yang ingin berkarya.

Kawasan Benteng Van den Bosch yang kini masih dalam proses revitalisasi, Selasa (7/12/2021) (foto: Asep Syaeful Bachri for beritajatim.com)

Dirinya membenarkan kalau rembugan terkait pemanfaatan benteng sudah dibahas lintas kementerian termasuk kementerian pendidikan dan kebudayaan.

”Jelas arahnya kan pasti wisata edukasi. Banyak benda-benda cagar budaya yang jadi temuan tentu akan jadi pengetahuan bagi pengunjung. Kami dorong pemerintah setempat agar memanfaatkan benteng ini dengan maksimal,” kata Diana. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan