Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Bengawan Solo Siaga Kuning, BPBD Bojonegoro Siapkan Doorlatch

Papan duga TMA Sungai Bengawan Solo di wilayah Taman Bengawan Solo, Kecamatan Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Status tinggi muka air (TMA) Sungai Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Bojonegoro memasuki siaga kuning. Untuk mengantisipasi banjir luapan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah menyiapkan doorlatch dan karung berisi pasir untuk menutup pintu tanggul.

Status TMA Sungai Bengawan Solo mulai mengalami peningkatan hingga siaga kuning terlihat sejak pagi tadi. Sesuai dengan papan duga yang ada di Taman Bengawan Solo (TBS) menunjukkan sejak pagi hingga sore tadi trennya masih mengalami kenaikan. Hingga pada pukul 19.00 WIB bertahan di angka 13.58 peilschaal.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bojonegoro Zaenul Ma’arif mengatakan, meski sudah memasuki siaga kuning, namun hingga saat ini belum ada laporan warga yang terdampak. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya korban banjir luapan Sungai Bengawan Solo yang lebih besar pihaknya telah menyiapkan doorlatch untuk menutup pintu tanggul.

“Saat ini kami telah menyiapkan doorlatch dan personil telah mengisi karung pasir untuk menutup pintu tanggul jika trennya masih menunjukkan kenaikan,” ujarnya, Sabtu (20/11/2021).

Sekadar diketahui, sesuai papan duga tren air Sungai Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Kota saat ini stabil. Sementara di kawasan Karangnongko tren air mulai turun. Pada pukul 23.00 WIB, ketinggian air di wilayah Karangnongko setinggi 26.90 peilschaal atau dibawah siaga. [lus/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar