Peristiwa

Bencana Puting Beliung di Kota Batu, Jumlah Pengungsi Capai 1.216 Jiwa

Suasana pengungsi di Rumah Dinas Wali Kota Batu.

Malang(beritajatim.com) – Bencana angin puting beliung di Kota Batu Jawa Timur membuat 1.216 jiwa mengungsi dari rumahnya. Jumlah warga yang mengungsi terus bertambah, sebab angin puting beliung masih terjadi mulai Sabtu, (19/10/2019) hingga Senin dinihari, (21/10/2019).

Ada tiga desa yang dilanda bencana, yakni Desa Sumberbrantas, Desa Gunungsari dan Desa Sumbergondo semuanya berada di wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Adapun kondisi pengungsi saat ini baik-baik saja. Mereka mendapat bantuan mulai dari makanan, popok, pakaian, hingga kebutuhan air bersih.

“Total 1.216 jiwa yang mengungsi. Mereka berasal dari tiga desa. Mereka mengungsi karena angin masih berhembus kencang. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, Senin (21/10/2019).

Rincian para pengungsi itu, tersebar dibeberapa lokasi seperti di Posko PB BPBD Kota Batu 351 jiwa, Rumas Dinas Walikota 122 jiwa, Balai Desa Punten 530 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa, SDN 1 Punten 173 jiwa. Selain membuat posko pengungsian, BPBD Kota Batu juga membuat pos pelayanan kesehatan dan pendirian dapur umum.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan pengungsi sebagian besar datang pada malam hari. Dia menjadikan rumah dinas sengaja dibuka untuk tempat pengungsian karena melihat kondisi tempat pengungsian bagi balita dan lansia di Posko BPBD belum ideal.

“Insyallah kalau di sini tercukupi semua. Hanya memang soal kamar mandi harus ngantri. Insyallah kebutuhan logistik di sini terpenuhi,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar