Peristiwa

Belasan Desa di Kabupaten Malang Berpotensi Kekeringan

Malang (beritajatim.com) – Sedikitnya 19 desa dari 9 Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang berpotensi mengalami kekeringan karena musim kemarau panjang.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, Minggu (1/9/2019).

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu,” ungkapnya.

Menurut Bambang, di tahun 2018 lalu, di Kabupaten Malang tercatat ada 9 desa di 7 Kecamatan yang mengalami kekeringan.

“Hingga saat ini kami telah melakukan penyaluran air atau pengiriman air bersih ke 4 kecamatan yang mengalami kekeringan,” jelasnya.

Keempat kecamatan tersebut, lanjut Bambang, yaitu Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Donomulyo, dan Pagak, sedangkan untuk wilayah Kecamatan Sumberpucung pihaknya berencana akan memasok pada pekan depan.

“Berdasarkan fakta di lapangan, tidak semua wilayah di satu kecamatan tersebut kekeringan. Hanya wilayah-wilayah atau kantong-kantong tertentu yang mengalami kekeringan,” ulasnya.

Bambang menambahkan, pihaknya terus melakukan pendistribusian air bersih di wilayah-wilayah yang sudah tidak memiliki sumber air lagi karena kemarau.

“Kami akan tetap berusaha melakukan droping air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Supaya kehidupan masyarakat bisa seperti kondisi normal dan tidak terganggu,” ucapnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar