Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Bekuk Vietnam 3-2, Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 dengan Poin Sempurna

(ANTARA FOTO/MOCH ASIM)

Surabaya (beritajatim.com) – Timnas Indonesia memastikan lolos ke putaran Final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Hal ini setelah skuad Garuda Muda membekuk Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9) malam.

Alhasil, dengan kemenangan tersebut, anak asuh Shin Tae-yong, keluar sebagai juara grup F pada babak kualifikasi dengan poin sempurna 9.

Pada laga tersebut, timnas Indonesia unggul dalam penguasaan bola pada babak pertama. Sebuah peluang sudah hadir pada menit keempat melalui upaya rebound Hokky Caraka. Sayangnya, keunggulan penguasaan bola tidak lantas membuat Timnas Indonesia U-20 mudah merangsek ke area pertahanan Vietnam.


Tim Golden Star pun memiliki peluang dengan memanfaatkan kelengahan Muhammad Ferrari dan kawan-kawan. Sederet kegagalan dalam melepaskan final pass dan eksekusi final terjadi pada babak pertama. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua Marselino Ferdinan masuk menggantikan Ronaldo Kwateh dengan harapan untuk menggencarkan serangan.

Skuad Garuda Nusantara terus berupaya menekan lawan pada babak kedua dengan kombinasi umpan dan serangan dari berbagai sisi. Namun perlawanan Vietnam juga tak bisa dianggap remeh. Pressing ketika kehilangan bola terus dilakukan pemain-pemain Timnas Indonesia.

Kedua kubu saling menerapkan permainan pressing dan counter press sehingga laga berlangsung sengit. Sebuah serangan dari Timnas Indonesia U-20 pada menit ke-60 berujung sebuah gol. Marselino melepas sebuah tendangan dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi kiper.

Tiga menit berselang Vietnam berusaha mencetak gol balasan. Sebuah peluang Nguyen Quoc Viet bisa diblok Aditya Arya dan kemudian dihalau Dimas Juliono Pamungkas. Semenit berselang serangan balik cepat Timnas indonesia masih belum bisa diselsesaikan Frengky Missa.

Vietnam menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Serangan cepat Vietnam dari sisi kanan melalui Khuat Van Khang kemudian mengenai kaki Muhammad Ferrari dan masuk ke gawang Indonesia. Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, dan Rahmat Beri Santoso kemudian masuk pada menit ke-77 menggantikan Hokky, Kakang Rudianto, dan Ginanjar Wahyu.

Vietnam berbalik unggul pada menit ke-79 setelah memaksimalkan serangan balik cepat. Dinh Xuan Tien mencetak gol yang membuat Indonesia tertinggal 1-2. Semangat pantang menyerah Timnas Indonesia U-20 membuahkan gol yang membuat skor menjadi 2-2 pada menit ke-82. Sundulan Ferrari membuat kiper Cao Van Binh tak berdaya.

Indonesia kemudian berbalik unggul 3-2 tiga menit berselang setelah tusukan Alfriyanto Nico dari sisi kanan bisa menerobos pertahanan dan umpan mendatar diselesaikan Rabbani Tasnim. Skor akhir 3-2 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Timnas U-20 lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. [kun]

Susunan pemain inti Indonesia vs Vietnam

Indonesia: Aditya Arya Nugraha; Muhammad Ferrari, Robi Darwis, Dimas Pamungkas; Kakang Rudianto, Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Frengky Missa; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

Vietnam: Cao Van Binh; Ho Van Cuong, Tran Ngoc Son, Nguyen Bao Long, Nguyen Duc Anh; Dinh Xuan Tien, Nguyen Duc Phu, Khuat Van Khang, Nguyen Thanh Nhan; Bui Vi Hao, Nguyen Quoc Viet.


Apa Reaksi Anda?

Komentar