Peristiwa

Begini Cara Disparbud Kabupaten Malang Maksimalkan Kinerja

Malang (beritajatim.com) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang memiliki cara tersendiri untuk memotivasi pegawainya meningkatkan kinerja.

Setiap tahunnya, Disparbud tidak melewatkan kegiatan outbound. Outbound ini diikuti seluruh pegawai hingga jajaran paling bawah.

“Ada 56 orang, itu ya mulai dari PNS, honorer, sampai tukang bersih-bersih. Setahun sekali pasti, tiap akhir tahun,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara melalui Sekretaris Disparbud, Ainur Rofiq, Selasa (17/12/2019).

Rofiq menambahkan, outbound tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama para pegawai sehingga kinerjanya juga meningkat.

“Ya untuk kebersamaan, saling kerjasama tim, agar baik antar bidang, antar karyawan. Yang jelas dengan kerjasama, yang baik kinerja, semakin disiplin. Dinas ini kan gak per bidang,” terangnya.

Dalam outbound tersebut, materi yang disajikan antara lain permainan-permainan yang mengutamakan kerjasama.

“Permainan yang mengutamakan teamwork. Permainan apa saja tidak bisa sendiri, yang mengharuskan kerjasama,” tutur Rofiq.

Lebih jauh, Rofiq menuturkan, para pegawai Disparbud perlu meningkatkan kerja yang tidak seperti biasa. Artinya, tidak monoton hanya begitu-begitu saja.

“Kita perlu kerja yang tidak biasa. Pagi ini kita outbound, siangnya ada Bimtek (bimbingan teknis, red), itu narasumbernya dari BKPSDM dan Diskominfo. BKPSDM terkait disiplin pegawai, sedangkan dari Diskominfo terkait efektivitas kinerja,” tegasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar