Peristiwa

Beberapa Bangunan di Bojonegoro Disapu Puting Beliung

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah bangunan rumah di Kabupaten Bojonegoro porak-poranda setelah disapu angin puting beliung. Sedikitnya, hujan disertai angin kencang yang melanda di dua kecamatan yang ada di Bojonegoro itu menyebabkan beberapa bangun rusak.

Salah satunya di Desa Sarirejo, Kecamatan Balen dan Desa Kabalan, Kecamatan Kanor. Di Desa Sarirejo, tujuh bangunan dilaporkan rusak. Angin kencang disertai hujan lebat itu terjadi kemarin sore. Sedangkan di Desa Kabalan, Kecamatan Kanor ada satu rumah yang rusak.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Yudi Hendro mengungkapkan, hujan disertai angin kencang mulai sering terjadi di Kabupaten Bojonegoro karena memasuki peralihan musim.

“Masyarakat perlu lebih waspada, jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya mencari titik aman,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Sementara diketahui, data bangunan yang rusak akibat diterjang hujan lebat disertai angin kencang itu milik Sarminah (70) Warga Dusun Karangwaru, Desa Sarirejo, Kecamatan Balen. Bangunan rumah miliknya rusak dibagian teras dan sejumlah genteng rontok. Akibat kejadian itu Sarminal ditengarai mengalami kerugian material mencapai Rp 3 juta.

Selain milik Sarminah, teras dan genteng yang rontok juga dialami, Wajiran (60) dan Ali Mustofa. Masing-masing ditaksir mengalami kerugian mencapai Rp 1 juta. Selain itu, kandang sapi milik Sugeng (48) di desa setempat juga rusak tertimpa pohon.

Rumah usaha batu bata milik Markabah (55) roboh. Gardu listrik terbakar dan pohon tumbang menimpa kabel listrik. Sedangkan satu rumah yang rusak di Desa Kabalan, Kecamatan Kanor juga rusak dibagian teras dan beberapa genteng rontok. “Masyarakat bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak,” ungkapnya. [lus/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar