Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Baznas Jatim Beri Beasiswa 500 Anak yang Orang Tuanya Meninggal Covid-19

Surabaya (beritajatim.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim menyalurkan beasiswa kepada 500 anak yang orangtuanya meninggal akibat terpapar Covid-19, Jumat (16/7/2021). Hal tersebut merupakan tindakan lanjut dari program Baznas pusat terkait penanganan Covid-19.

Selain memberikan beasiswa, Baznas Jatim juga menggelontorkan 2000 paket sembako dan vitamin penambah imun bagi mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Bantuan ini diberikan untuk mustahiq (orang berhak menerima zakat).

Ketua Baznas Jatim, M Roziqi mengatakan bahwa beasiswa tersebut akan diberikan setiap bulan kepada anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. Setiap anak mendapat Rp 150.000 per bulan.

“Diberikan setiap bulan. Kalau anaknya SD ya diberikan sampai selesai, terus kalau di tingkatan selanjutnya, sampai anak itu selesai. Dari Baznas kita ingin mengurangi kemiskinan di masyarakat dan juga ikut mencerdaskan juga,” ujar Roziqi kepada wartawan.

Sedangkan untuk bantuan 2.000 paket sembako dan vitamin penambah imun ini akan diberikan ke relawan pemulasaraan RSU dr Soetomo Surabaya dan marbot di masjid-masjid. Mengingat, di RSU dr Soetomo ada beberapa relawan yang membutuhkan serta ada pula yang isolasi mandiri.

“Tahap awal kita di RSU dr Soetomo, karena relawan-relawan kan banyak, yang isoman juga banyak, kita titipkan di UPZ (Unit Pengumpul Zakat),” terang Roziqi.

Selain itu, pihaknya juga menyalurkan paket isolasi mandiri ke masjid-masjid melalui takmir masjid masing-masing. Nantinya, oleh masjid akan dibagikan kepada orang yang tidak mampu di sekitar masjid.

“Insya Allah tiap bulan. Insya Allah kalau bulan depan paket sembako dan paket isoman ini dibutuhkan kita lanjut,” jelasnya.

Saat ini, penyaluran bantuan Baznas Jatim tersebut difokuskan bagi mereka yang terdampak PPKM Darurat. Jika PPKM Darurat masih berlanjut, pihaknya pun akan kembali melakukan hal yang sama. [tok/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar