Peristiwa

Bawaslu Jember Selidiki Terbakarnya Baliho Danik Eka Caleg PSI

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, tengah menyelidiki peristiwa terbakarnya baliho calon legislator DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia, Danik Eka Rahmaningtiyas.

Dwi Endah Prasetyowati, salah satu komisioner Bawaslu Jember, mengatakan, baliho yang terbakar itu terletak di sebelah timur pasar, di Dusun Tamaran, Desa Kencong, Kecamatan Kencong.

“Yang melihat pertama kali adalah anggota Panitia Pengawas Kecamatan Jombang bernama Muji, sekitar pukul 19.30, Sabtu (19/1/19),” katanya, Minggu (20/1/2019).

Saat itu, api menyala di bagian bawah baliho dan sudah membakar sebagian nama Danik. Muji kemudian segera memadamkan api dan menghubungi Panwascam Kencong dan Bawaslu.

Aparat kepolisian pun datang mengecek di lokasi kejadian. “Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian. Di situ tidak ada bekas pembakaran sampah,” kata Endah.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jember Thobroni Pusaka mengatakan, peristiwa ini harus diselidiki dulu. “Terbakar atau dibakar masih belum jelas. Kalau memang terbukti dibakar, jelas ini pelanggaran pidana pemilu,” katanya.

Selama ini, menurut Thobroni, belum ada laporan perusakan alat peraga kampanye. “Pelanggaran lebih banyak ke administratif, seperti banyak alat peraga kampanye yang tidak sesuai ketentuan. Terakhir, ada 96 buah alat peraga kampanye yang kami tertibkan. Nanti tanggal 23 Januari akan ada penertiban lagi,” katanya. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar