Peristiwa

Batu Longsoran Timpa Rumah Warga di Pacitan

Pacitan – Batu gunung dengan diameter kurang lebih 2,5 meter dari ketinggian kira  – kira 180 meter menggelender menimpa rumah Juwarni  (48) warga Rt.01 Rw. 07 di Dusun Sempu Desa Jatigunung kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Jawa Timur Senin (16/3/2020) pukul 08 : 15 Wib.

Dengan kejadian tersebut mengakibatkan rumah, dapur dan kamar mandi rusak parah tertimpa batu longsoran.

Juwarni menceritakan kronologis kejadian pada pukul 07.20 WIB, cuaca cerah di wilayah kecamatan Tulakan dan sekitarnya.

” Tepat pukul 08.15 WIB, terdengar suara gemuruh dari atas rumah saya, selanjutnya kami  sekeluarga  yang masih berada di dalam rumah mendengar suara gemuruh sehungga dengan paniknya kami berhamburan keluar rumah,” kata Juwarni.

Lanjut Juawarni, beberapa  saat kemudian kami menengok ke arah dapur ternyata dapur sudah berserakan terkena reruntuhan batu longsoran tersebut.

Dibenarkan oleh Babinsa setempat bahwa rumah dapur dan kamar mandi  milik Juwarni mengalami rusak parah akibat terkena material longsoran.

“Sementara waktu penghuni rumah tidak berani menempati lagi, untuk kerugian diperkirakan Rp. 12.500.000.00,” ucapnya.

Dengan kejadian itu Babinsa bersama  Babinkantibmas, Kasitrantib dan Kades Jatigunung bersama warga masyarakat berkordinasi dengan aparat terkait setempat untuk melakukan pendataan dan membersihkan material longsoran dari dalam rumah serta memberi bantuan sembako,” jelasnya.

Dipertegas, kejadian bencana alam longsor batu gunung yang menimpa rumah Juwarni di desa Jatigunung dikarenakan tanah sandaran batu gunung mengalami kelembekan dan tidak dapat menahan batu tersebut.

Diharapkan masyarakat tetap waspada akan terjadi bencana susulan mengingat di wilayah Pacitan saat ini cuaca tidak menentu dan memasuki musim penghujan.(marji/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar