Peristiwa

Situs Kumitir Mojokerto

Batu Besar Mirip Pipi Tangga Zaman Majapahit Kembali Ditemukan

Batu besar yang ditemukan yang diduga pasangan batu pipi tangga sebelumnya. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Warga Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto kembali menemukan batu besar ditemukan di area situs Kumitir. Diduga batu besar tersebut merupakan pasangan batu pipi tangga yang ditemukan warga pada, Sabtu (11/4/2020) pekan lalu.

Arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho membenarkan hal tersebut. “Inggih betul, ini merupakan pasangan yang kemarin ditemukan. Soalnya pipi tangga kan kanan kiri. Jadi Sudah ketemu pasangan,” ungkapnya, Senin (20/4/2020).

Masih kata Wicaksono, warga yang menemukan merupakan warga yang pernah melihat temuan sejenis di area Situs Kumitir yang berada tak jauh dari temuan talud dan makam. Pasangan batu pipi tangga tersebut ditemukan warga pada, Sabtu (17/4/2020) di sekitar lokasi penemuan batu pipi tangga yang pertama.

“Ditemukannya sama warga yang pernah melihat sejenis itu, terus kemarin dikorek-korek katanya. Akhirnya menemukan pasangan dan dilaporkan ke BPCB kemarin. Lokasinya nggak jauh dari yang kemarin, agak mendekati makam desa sepertinya. Soalnya kami masih belum kesana,” katanya.

Wicaksono menambahkan, jika pihak BPCB Jawa Timur rencananya akan ke lokasi penemuan, Selasa (21/4/2020) besok. Pihaknya akan melakukan identifikasi, plotting (perencanaan) lokasi temuan, sebagai bahan pertimbangan ekskavasi area penemuan sejumlah situs purbakala di Situs Kumitir

“Kemungkinan besok identifikasi, berupa pengukuran temuan, tipologynya, sama bentuk seperti apa. Terus posisi plotting peletakkan ditemukan seperti apa, kalau sudah tidak pandemi Covid-19, rencananya bulan Juni nanti ekskavasinya,” katanya.

Benda berupa batu andesit yang berfungsi sebagai pipi tangga atau hiasan batas dua sisi dari pangkal tangga yang berpasangan. Batu berupa pipi tangga yang sebelumnya memiliki panjang 130 centimeter, lebar 100 centimeter, dan tinggi 100 centimeter. Model batu pipi tangga tersebut berbentuk gelung atau gelungan di ujungnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar