Peristiwa

Batu Bata Kuno Era Kerajaan Singosari Ditemukan di Desa Langlang

Malang (beritajatim.com) – Sebuah batu bata berukuran cukup besar kembali ditemukan di kawasan Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (6/11/2020). Penemuan benda Purbakala yang diyakini peninggalan Kerajaan Singosari pada abad ke-9 masehi itu, terletak di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Menurut Haryoto, Koordinator Penemuan Batu Bata Besar dan Candi Malang Raya itu mengatakan, saat ini proses penggalian masih dilakukan bersama petugas dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. “Masih mulai digali ini. Menurut BPCB Jatim, ukuran batu bata yang sangat besar melebihi berbagai macam batu bata yang pernah ditemukan yang ada di Malang,” ungkap Haryoto.

Kata dia, batu bata itu berukuran mulai dari 9 cm tebalnya. Sementara panjang batu bata yang ditemukan lebih dari 39-40 cm. Mengenai usia barang purbakala itu, sejauh ini masih akan diteliti lebih jauh. “Usia batu bata ini masih diteliti. Diperkirakan sih sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram kuno sampai zaman kerajaan Singosari,” papar Haryoto.

Haryoto menjelaskan, petugas dari koordinator penemuan Candi Malang saat ini yang diterjunkan mencapai 8 orang. Proses penggalian sampai sekarang masih berlangsung. Penemuan batu bata kuno itu juga dijadikan kajian mendalam oleh BPCB Jawa Timur. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar