Peristiwa

Basarnas Jember Waspadai Laka Laut Selama Libur Lebaran

Jember (beritajatim.com) – Badan SAR Nasional Pos Jember, Jawa Timur, mengerahkan 15 personel untuk bersiaga selama libur lebaran. Mereka terbagi dalam beberapa tim, masing-masing adalah tim patroli siaga SAR khusus lebaran, tim siaga komunikasi, tim pelaksana standby on call operasi yang sewaktu-waktu turun jika dibutuhkan.

“Sebelum Hari-H lebaran kami berfokus ke jalur Pantura Situbondo dan di Pelabuhan Jangkar, untuk siaga jalur penyeberangan ke Kalianget,” kata Koordinator Pos Basarnas Jember Asnawi Suroso, Kamis (30/5/2019).

Setelah Hari-H lebaran, Basarnas akan berkonsentrasi di pantai selatan Jember, mulai dari Payangan sampai Puger. “Kami mengantisipasi kejadian terhadap pengunjung wisata dengan membuat posko siaga SAR di Payangan,” kata Asnawi.

Tim Basarnas Jember juga akan melakukan patroli persuasif menyisir pantai untuk mengimbau pengunjung agar waspada jika bermain di laut. “Kami sendiri mempersiapkan peralatan water rescue di posko jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Asnawi.

Namun Basarnas Jember tak bekerja sendiri. Asnawi mengajak potensi SAR lokal, seperti SAR Rimba Laut, untuk terlibat dan membantu. Selama ini mereka sudah saling dukung di lapangan.

Dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran, tim Pos Basarnas Jember menyiagakan personel dan juga peralatan, di antaranya peralatan ekstrikasi, medis, juga evakuasi untuk mengantisipasi bila ada kejadian kecelakaan.

“Dengan menyagakan personel dan peralatan SAR ini, diharapkan dapat menghadirkan rasa aman dan nyaman pada para pemudik selama merayakan Idul Fitri 1440 H,” kara Asnawi. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar