Peristiwa

Baru Menjabat 3 Hari, Ketua GPK Jember Dicopot

Imron Baihaqi, Ketua Gerakan Pemuda Ka'bah Kabupaten Jember, Jawa Timur (foto: istimewa)

Jember (beritajatim.com) – Imron Baihaqi, Ketua Gerakan Pemuda Ka’bah Kabupaten Jember, Jawa Timur, dicopot oleh pengurus wilayah, Selasa (2/2/2021). Padahal, dia baru dilantik pada Sabtu (30/1/2021) lalu.

GPK adalah organisasi sayap kepemudaan Partai Persatuan Pembangunan. Ketua Pengurus Wilayah GPK Jatim Muhammad Khozin mengatakan, pencopotan ini berhubungan dengan dugaan pemukulan terhadap warga yang dilakukan Imron. “Kasus tersebut sudah berkembang dan menjadi opini publik yang bisa merusak citra dan marwah organisasi GPK,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Imron, yang juga anggota DPRD Jember itu, diduga memukul Ketua RT 04 RW 13 Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Dodik Wahyu Rianto, Minggu (31/1/2021). Dia tidak terima ditegur Dodik, karena mengendarai mobil dengan kecepatan yang membahayakan keselamatan saat memasuki Perumahan Bernandy Land Cluster Gardenia. Kasus pemukulan tersebut dilaporkan ke polisi.

PW GPK Jatim langsung melakukan rapat terbatas pukul 11.00 WIB hari ini untuk merespons peristiwa yang terjadi pada Minggu (31/1/2021) malam itu. Keputusannya: Imron dinonaktifkan dan digantikan oleh Ikbal Wilda Fardana, Wakil Ketua Wilayah III PW GPK Jawa Timur.

“Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan hingga waktu yang tidak ditentukan, hingga kondisi kondusif, dan keputusan lebih lanjut dari PW GPK Jawa Timur,” kata Khozin.

Khozin menegaskan bahwa tindakan ini perlu dilakukan agar ada perbedaan antara urusan pribadi dan organisasi. “Jadi kami di sini memberikan garis yang jelas, ada garis yang terukur antara domain urusan pribadi dan domain urusan organisasi,” katanya.

Khozin hanya berfokus pada urusan organisasi. “Organisasi ini tidak mengikuti pada satu dua oknum, tapi organisasi ini harus tetap berjalan sesuai azas pendirian organisasi dan mekanisme yang ditetapkan,” katanya.

Imron sendiri sejak peristiwa tersebut tidak mau memberikan pernyataan kepada wartawan terkait peristiwa dugaan pemukulan tersebut. Dia sempat berjanji akan menghubungi beritajatim.com, Senin (1/2/2021) sore. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar