Peristiwa

Banyuwangi Merdeka Heppiii, dari Selametan hingga Pengajian

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kelompok Karang Taruna (Karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Banyuwangi menggelar berbagai kegiatan perayaan Kemerdekaan ke-78 RI dengan tema Merdeka Heppiii. Selain di isi berbagai lomba, sejumlah Karta juga menggelar pentas seni budaya seperti jaranan. Bahkan, ada yang menggelar tasyakuran atau selametan di desa, hingga shalawatan dan pengajian.

“Ada berbagai desa yang menggelar kegiatan Merdeka Heppiii, dari pertengahan hingga akhir bulan Agustus 2023. Kegiatan yang digelar ini selain sebagai rasa syukur akan kemerdekaan, juga sebagai bentuk kekompakan dan kerukunan warga desa,” kata Koordinator Heppiii Community Banyuwangi Dwi Puji, Rabu (13/9/2023).

Berbagai desa di Banyuwangi itu, di antaranya, Desa Bulusari, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo. Kegiatan mereka yaitu, panggung seni di susul dengan acara pengajian dan shalawatan.

Berikutnya, kata Dwi Puji, ada Desa Tambong, Kecamatan Kabat mengajak masyarakat untuk olahraga, jalan sehat dirangkai dengan gelar shalawatan bersama.

Tak hanya itu, di Desa Songgon, Kecamatan Songgon juga digelar acara yang sama yakni jalan sehat. Namun bedanya, ada panggung hiburan musik. Ada pula di Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, yang menggelar selamatan bersama warga kampung.

BACA JUGA:
Sederet Kerjasama Strategis Banyuwangi dan Jepang, Ada Smart Kampung dan Unagi

Kegiatan Merdeka Heppiii, kata Dwi Puji, sebenarnya tidak hanya di lakukan di Banyuwangi melainkan juga merambah di ratusan desa yang mencakup 17 kabupaten/kota, khususnya di Jawa Timur. Di antaranya, Kabupaten Banyuwangi ada 17 desa, Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17 desa.

Di susul, Kabupaten Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

BACA JUGA:
Peluang Emas Kerjasama Banyuwangi dan Jepang

Koordinator Heppiii Community di tingkat pusat, Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

Dia menyebut, selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

“Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba,” jelasnya. [rin/beq]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Apa Reaksi Anda?

Komentar