Peristiwa

Banyak Jalan Rusak, Kadis PUTR Gresik Tunggu Proses Lelang

Sejumlah pengguna jalan melintasi jalan rusak yang belum diperbaiki di Kabupaten Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Infrastruktur jalan di Kabupaten Gresik menjadi sorotan. Hal ini karena masih banyak jalan yang mengalami kerusakan namun penangannya baru diserahkan ke tim unit reaksi cepat (URC) yang notebene hanya melakukan tambal sulam.

Terkait dengan ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gunawan Setiaji berkilah proses lelang peningkatan jalan tersebut sudah berjalan. Tak hanya tambak sulam, jalan yang rusak bakal ditingkatkan.

“Memang kondisi pandemi ini anggaran peningkatan jalan berkurang. Jadi menggunakan skala prioritas mana yang lebih dulu diperbaiki,” ujarnya, Minggu (14/03/2021).

Gunawan Setiaji tetap bersikukuh, beberapa jalan yang rusak misalnya Jalan Betoyo-Dagang yang proyeknya senilai 7,5 miliar diklaim sudah masuk dalam laman LPSE untuk proses pelelangan. Begitu juga jalan Leran-Suci, Jalan KH Syafii, hingga jalan Bulurejo-Randegan.

Sementara itu, Kasi Pembangunan Jalan Eddy Pancoro menyatakan saat ini apabila terdapat kerusakan infrastruktur jalan langsung ditindaklanjuti oleh tim URC. Pasalnya, untuk proyek pembangunan atau peningkatan jalan masih dalam proses lelang.

“Kemungkinan akhir bulan Maret 2021 sudah ada beberapa paket yang ada pemenangnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selama ini laporan yang masuk masyoritas dari kerusakan jalan di ruas jalan poros desa (JPD). Sehingga, masih menjadi kewenangan pihak desa setempat.

“Yang dicatat Dinas PUTR, terdapat empat kecamatan yang sudah melaporkan terkait kondisi infrastruktur. Rata-rata dari masing-masing kecamatan terdapat 18 titik kerusakan yang cukup parah,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar