Peristiwa

Bansos 3 Program PKH Pamekasan Mulai Didistribusikan

Pamekasan (beritajatim.com) – Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Pamekasan, mulai menyalurkan bantuan sosial melalui tiga program berbeda bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di wilayah setempat.

“Saat ini ada tiga program penyaluran yang sedang kami lakukan, yakni PKH Reguler, PKH Plus, serta Bantuan Beras PPKM bagi KPM PKH dan KPM BST (Bantuan Sosial Tunai),” kata Koordinator Kabupaten (Koorkab) PKH Pamekasan, Hanafi kepada beritajatim.com, Kamis (29/7/2021).

Dari tiga program penyaluran tersebut, nilai anggaran mencapai angka sekitar 34 miliar untuk program PKH Reguler dan PKH Plus. “Nilai anggaran PKH Reguler sekitar Rp 33,6 milar, PKH Plus untuk 3.239 KPM sebesar Rp 1,6 miliar,” ungkapnya.

“Sementara untuk program bantuan beras PPKM bagi KPM PKH dan KPM BST dengan total penerima 77.610 KPM, masing-masing KPM menerima 10 kilogram (kg) beras,” sambung Hanafi.

Selain itu pihakmya menyampaikan dari tiga program bansos tersebut, merupakan program yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yakni PKH Plus. “Untuk PKH Plus di Pamekasan, dimulai tahun ini dan merupakan program Gubernur Jawa Timur,” jelasnya.

“Sementara untuk jadwal penyaluran kita deadline sampai 31 Juli 2021 mendatang. Apalagi proses pendistribusian ini kita lakukan serentak di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan dengan melibatkan seluruh personil PKH dengan melibatkan unsur TNI-Polri dan Pemerintah Desa,” imbuhnya.

Hanya saja pihaknya mengaku deadline penyaluran juga diprediksi molor karena beberapa alasan, di antaranya karena banyaknya KPM dengan status lansia. “Banyaknya KPM Lansia diprediksi memperlambat penyaluran di luar deadline, karena kami harus melakukan home visit,” pungkasnya. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar