Peristiwa

Banser Jember Bantu Padamkan Kebakaran Hutan di Banyuwangi

Aksi anggota Banser Jember mamadamkan api (dok: Banser Jember)

Jember (beritajatim.com) – Sekitar 200 orang anggota Bantuan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Jember, Jawa Timur, ikut membantu pemadaman kebakaran hutan di Gunung Ranti, Banyuwangi, Sabtu (19/10/2019) kemarin.

Saat itu, Banser Jember diundang Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk menghadiri acara Parade Merah Putih. Acara itu diikuti 500 personel, yang selain dari Banser juga berasal dari siswa. Banser Jember berangkat pada Jumat dini hari menuju Kawah Wurung, Bondowoso, yang dilanjutkan ke Kawah Ijen di kawasan Banyuwangi.

Setelah kegiatan para anggota Banser Jember berencana naik ke puncak di Kawah Ijen. “Mereka mau membikin acara di atas sambil lihat blue fire. Tapi ndilalah ternyata ada kebakaran sangat besar,” kata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember Ayub Junaidi, Minggu (20/10/2019) siang. Kebakaran hebat terjadi di Gunung Ranti di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Para anggota Banser itu mengurungkan niat untuk pelesir dan berswafoto di puncak Kawah Ijen. Mereka akhirnya ikut memadamkan kebakaran hutan sebisa mungkin. “Tapi karena peralatan kami memang bukan dalam rangka pemadaman karena memang api muncul mendadak, akhirnya teman-teman tidak mampu. Teman-teman ditarik dan dievakuasi ke Polres Banyuwangi,” kata Ayub.

Ayub meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember juga waspada. Jember juga dikelilingi hutan. “Dengan panas seperti ini, saya mohon BPBD di Jember betul-betul siaga. Saya mohon pemerintah daerah dan masyarakat bahu-membahu. Suhu di Jember saat ini 37 derajat celcius, hampir seperti di Mekah. Kesehatan harap dijaga,” jelasnya.

Imbauan serupa juga meluncur dari Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Heru Widagdo. “Jangan buang puntung rokok sembarangan, jangan bakar sampah yang tidak terpantau, gunakan masker karena bisa saja dampak abu kebakaran bertebaran ke mana-mana,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar