Peristiwa

Banjir Terjang, Ponpes Darul Ulum, Ganding Sumenep

Banjir di Ponpes Darul Ulum (foto/ ist)

Sumenep (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur Sumenep selama 2 jam lebih juga menyebabkan Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Talaga, Kecamatan Ganding, terendam air, Kamis (04/03/2021).

Tembok di dua kamar pondok pesantren itu jebol akibat derasnya arus banjir. Sejumlah buku dan barang-barang santri pun hilang, hanyut terbawa banjir.

“Air tiba-tiba datang dari gunung, setelah hujan deras dan angin kencang terjadi,” kata Pengasuh Ponpes Darul Ulum, KH. Imam Haromain, saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya.

Ia menceritakan, saat terdengar suara gemuruh banjir, para santri yang berada di dalam kamar pondok langsung berhamburan keluar. Saat itu air masuk ke dua kamar di lantai satu pondok. Para santri pun langsung naik ke lantai dua. Kebetulan, pondok tersebut terdiri dari dua lantai.

“Semua santri Alhamdulillah selamat dan dalam kondisi baik-baik saja. Sebagian santri sudah dijemput orang tuanya. Tapi santri yang berasal dari jauh tetap tinggal di pondok,” ujarnya.

Menurutnya, musibah banjir di pondoknya baru pertama kali ini terjadi. Biasanya, meski hujan deras dan angin kencang, pondok yang diasuhnya tidak pernah dilanda banjir. “Baru sekarang ini pondok kami kebanjiran. Tadi memang hujannya sangat deras. Apalagi disertai angin,” terangnya. Selain dua kamar pondok putri yang rusak, pagar, dan atap.kamar mandi juga rusak. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar