Peristiwa

Banjir Terjang 10 Desa di Tuban, Ratusan Rumah Terendam

Tuban (beritajatim.com) – Banjir terjadi di Kecamatan Parengan dan sejumlah wilayah lainnya di Kabupaten Tuban. Banjir itu dipicu oleh meluapnya Kali Kening, Rabu (6/3/2019). Sebelum air bah datang, hujan deras memang mengguyur kawasan tersebut selama beberapa jam.

Sedikitnya ada 10 desa di Kecamatan Parengan diterjang banjir. Air menggenangi ratusan rumah warga serta akses jalan antardesa. Data yang dihimpun beritajatim.com, banjir akibat hujan lebat itu paling parah terjadi di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan. Di tempat itu, ratusan meter akses jalan raya terendam hingga ketinggian 70 cm.

“Rumah yang terdampak 500 Kepala Keluarga (KK). Bangunan kantor Dinas Kesehatan Hewan, Puskesmas, Balai Desa Brangkal, dan tujuh tempat ibadah,” jelas Joko Suprianto, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Perengan, Kabupaten Tuban.

Selain Brangkal, desa lainnya yang terendam banjir adalah Sembung, Kemlaten, Kumpulrejo dan Desa Cengkong. Selain rumah warga dan jalan, banjir juga merendam puluhan hektar lahan pertanian di desa-desa tersebut.

Hal serupa juga terjadi di Desa Parangbatu, Margoasri, Suciharjo, Margorejo dan Desa Selogabus. Di desa-desa tersebut juga terdapat bangunan sekolah seperti gedung MTs, SD dan juga gedung sekolah TK, terendam air.

Banjir akibat luapan Sungai Kening itu membuat aktivitas warga terganggu. Bahkan akses jalan tidak bisa dilewati, sehingga warga¬† harus ada yang dievakuasi lantaran rumahnya terendam. “Ini banjir terparah, biasanya tidak sampai sebesar ini. Kami khawatir banjir semakin besar kalau hujan lebat datang lagi,” ungkap Ahmad (42), salah satu korban banjir. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar