Peristiwa

BPBD Kabupaten Mojokerto

Banjir Tempuran Surut, Fokus Penanganan Pasca Bencana Pacet dan Pungging

Petugas melakukan pembersihan sampah di sungai dan pintu air Desa Jabon Tegal, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemasangan mesin genset pompa di DAM Sipon untuk mempercepat pengurangan air di Desa Tempuran yang terdampak banjir luapan Sungai Watudakon menuai hasil. Banjir di dua dusun di Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto surut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, Minggu (9/2/2020) pagi, air banjir di Desa Tempuran sudah surut. “Dengan Bantuan pompa, alhamdulillah pagi banjir sudah surut total,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, karena banjir luapan Sungai Watudakon sudah surut sehingga Dapur Umum (DU) yang didirikan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto di Desa Tempuran ditutup. Namun, relawan dan Tagana sudah memasak untuk sarapan pagi warga terdampak banjir.

“DU sejak jam 07.00 WIB sudah ditutup, jatah masakan pagi sudah dibagikan kepada korban terdampak banjir. Posko juga dialihkan ke posko induk di kantor BPBD Kabupaten Mojokerto di Jalan Raya Jabon, Kecamatan Mojoanyar. Semoga cuaca dalam kondisi baik agar banjir tidak datang lagi,” katanya.

Zaini menambahkan, saat ini petugas masih bersih-bersih di lokasi banjir. Rencananya, Senin (10/2/2020) besok akan dikerahkan mobil Pemadam Kebakaran (PMK) untuk membersihkan bekas lumpur yang masih tertinggal di lokasi banjir Desa Tempuran.

“Saat ini, kami konsentrasi penangganan pasca bencana longsor dan banjir di Pacet dan Pungging. Kami juga berkoordinasi dengan OPD terkait untuk penyambungan pipa yang putus di Kembang Sore, Pacet dan pembersihan sampah di sungai dan pintu air Desa Jabon Tegal, Pungging,” jelasnya.

Bantuan, lanjut Zaini, berupa gedek guling dan glansing sudah diserahkan. Sebanyak 50 lembar gedek guling dan 1.000 lembar glansing sudah diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Jabon Tegal, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar