Peristiwa

Banjir Sampang, Ratusan Rumah Terendam Air

Banjir mengenangi jalan raya nasional di Sampang (Foto: Zamachsari/beritajatim.com).

Sampang (beritajatim.com) – Sebanyak 222 rumah warga yang ada di sejumlah desa di Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (26/10/2022). Terendam banjir akibat luapan sungai Konang.

“Data yang kami dapat banjir ini berdampak pada empat Desa di Kecamatan Jrengik. Empat Desa itu antara lain Desa Panyepen, Desa Taman, Desa Majenang, Desa Margatoko,” kata Kapolsek Jrengik, Iptu Budi Purnomo.

Ia mengatakan, dari empat desa itu, sebanyak 222 rumah di dua desa yang terdampak banjir. Dua desa lainnya, air hanya masuk di area persawahan.

“Banjir itu berdampak di Desa Panyepen sebanyak 35 rumah. Sedangkan di Desa Margantoko, sebanyak 173 rumah, di Desa Taman dan Desa Majegan hanya lahan pertanian,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Asroni menyampaikan rilis dari BMKG. Saat ini, Indonesia sudah memasuki musim penghujan.

“Saat ini rata-rata cuaca ekstrem terjadi di Jawa Timur termasuk di Kabupaten Sampang,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, selain luapan sungai Konang, sungai Nyeburan juga meluap. Dampaknya, sepanjang 500 meter jalan nasional di Jrengik terendam banjir sedalam 30 cm meter.

Sehingga, arus lalulintas pada akses utama Madura terganggu meski saat ini sudah surut. “Kami mengimbau kepada penguna jalan agar lebih waspada saat hujan, apalagi ketika melintasi kawasan banjir,” kata Ipda Safriwanto KBO Lantas Polres Sampang. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar