Peristiwa

Banjir Luapan Sungai Lamong di 2 Desa Mojokerto Surut

Kondisi Dusun Balong, Desa Banyulegi, air sudah surut namun air masih menggenangi jalan. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan debit Sungai Lamong di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Lamongan, meluap dan menggenangi di dua desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Namun luapan Sungai Lamong saat ini, terpantau mulai surut.

Dua desa yang terdampak luapan Sungai Lamong tersebut yakni Dusun Klanting, Desa Pulorejo dan Dusun Balong, Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Namun, banjir langganan setiap debit air Sungai Lamong naik tersebut kini mulai surut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, pantai Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto pada, Rabu (1/1/2020) sekira pukul 10.00 WIB, air mulai surut.

“Air yang menggenangi rumah warga di Dusun Balong, Desa Banyulegi sudah surut total. Namun air masih menggenangi jalan perkampungan antara 5 cm sampai 10 cm. Sebelumnya, ketinggian air di Desa Banyulegi tepatnya di Dusun Balong sekitar 50 cm yang mengakibatkan 12 rumah warga tergenang,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, sementara ketinggian air di Dusun Klanting, Desa Pulorejo, air yang menggenangi rumah warga maupun jalan perkampungan sudah surut total. Sebelumnya, di Dusun Klanting, Desa Pulorejo ada tujuh rumah tergenang air dengan ketinggian 20 cm di dalam rumah dan 30 cm di jalan.

“TRC BPBD Kabupaten Mojokerto pasca adanya luapan Sungai Lamong yang terjadi sejak, Selasa malam langsung melakukan pemantauan ke lokasi yang terdampak banjir luapan Sungai Lamong. Kami juga sudah memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak,” katanya.

Zaini menjelaskan, untuk Dusun Balong, Desa Banyulegi sebanyak 12 paket sembilan bahan pokok (sembako). Sementara di Dusun Klanting, Desa Pulorejo diserahkan lima paket sembako untuk korban terdampak luapan Sungai Lamong. Zaini menambahkan, saat ini air berangsur-angsur surut.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar