Peristiwa

Banjir Luapan Kali Lamong di Mojokerto Surut

Banjir luapan Kali Lamong di Dusun Klanting, Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto terendam air luapan Kali Lamong, Jumat (12/3/2021) malam. Sabtu (13/3/2021) pagi, air banjir sudah mulai surut dan masyarakat sudah mulai membersihkan rumah mereka.

Hujan yang menguyur di wilayah Kecamatan Dawarblandong dengan intensitas tinggi terjadi sejak Jumat sore mengakibatkan debit Kali Lamong meluap. Luapan Kali Lamong merendam puluhan rumah di dua desa yakni Dusun Talun Brak, Desa Talun dan Dusun Klanting, Desa Pulorejo.

Di Dusun Talun Brak RT 01 RW 01 Desa Talun, sedikit sebanyak 20 unit rumah warga terendam air dengan ketinggian sekitar 40 cm. Sementara di Dusun Klanting RT 01 RW 11 Desa Pulorejo, sebanyak lima rumah warga terendam air dengan ketinggian sekitar 40 cm.

Warga dibantu TNI/Polri bersama Tim Relawan dan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kabupaten Mojokerto mengevakuasi barang-barang untuk dibawa ke tempat yang lebih aman. Sabtu pagi air sudah mulai surut lantaran debit air Kali Lamong juga berlangsung surut.

 

Banjir luapan Kali Lamong di Dusun Klanting, Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, debit Kali Lamong meluap dan masuk ke pemukiman warga pada, Jumat malam. “Luapan Kali Lamong merendam rumah warga di Di Dusun Klanting, Desa Pulorejo dan Dusun Talun Brak, Desa Talun,” ungkapnya.

Meski hingga pukul 22.00 WIB kondisi air masih belum menunjukkan tanda-tanda akan surut, namun Sabtu pagi air sudah berlangsung surut. Air luapan Kali Lamong di Dusun Talun Brak, Desa Talun sudah surut total, sementara di Dusun Klanting, Desa Pulorejo masih ada enam rumah yang terendam.

“Pukul 05.51 WIB di Dusun Talun Brak, Desa Talun sudah surut total. Di Dusun Klanting, Desa Pulorejo juga sudah surut meski debit air Kali Lamong masih sebibir sungai. Masih ada sekitar 6 rumah warga terendam, kondisi Kali Lamong memang deras dan tinggi. Mudah-mudahan di hulu tidak hujan,” katanya.

Zaini menambahkan, banjir yang terjadi di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten merupakan bencana alam tahunan yang disebabkan oleh luapan Kali Lamong. Dusun Talun, Desa Talun Brak dan Dusun Klanting, Desa Pulorejo selalu menjadi langganan luapan Kali Lamong. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar