Peristiwa

Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Truk Pasir

Truk Penambang pasir Terseret Lahar Dingin Semeru

Lumajang (beritajatim.com) – Hujan deras yang menguyur Gunung Semeru sejak, Rabu (30/12/2020) pagi, menyebabkan banjir lahar dingin di Daerah Aliran Sungai (DAS) Besuk Kobokan. Akibatnya, sebuah truk pengangkut pasir terseret datangnya lahar vulkanis di Dusun Bondeli Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro.

“Informasi awal benar ada truk terbawa banjir lahar dingin, terlambat keluar dari DAS,” ujar Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi pada beritajatim.com.

Masih kata dia, terkait adanya truk pasir terseret banjir lahar. Pihaknya sudah sudah sering kali memberian himbauan untuk tidak beraktifitas di DAS bagi penambang dan truk pengangkut pasir. “Sudah kita himbau terus, kok sek tambeng,”jelasnya.

Banjir lahar dingin Semeru ancaman bagi para penambang pasir karena tumpukan awan panas memenuhi hulu DAS Besuk Kobokan. Hujan yang terjadi kawaan puncak dan lereng Semeru sangat berpotensi banjir lahar vulkanis atau dikenal lahar dingin.

“Tidak ada korban jiwa, karena sopir truk dikabarkan langsung lari saat mengetahui ada banjir lahar mengarah pada armadanya,” terang Wawan.(har/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar