Peristiwa

Banjir Jombang Mulai Surut, Ganti Zona Merah Covid-19 Datang

Warga Desa Bandar Kedungmulyo melakukan bersih-bersih rumah, Selasa (9/2/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Bencana seakan tak mau beranjak dari Jombang. Betapa tidak, ketika banjir yang menerjang Kacamatan Bandar Kedungmulyo mulai surut, kini berganti zona merah Covid-19 yang datang. Jombang ditetapkan sebagai daerah dengan risiko tinggi penularan Covid.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang drg Subandriyah membenarkan bahwa wilayahnya ditetapkan sebagai zona merah. “Iya benar. (Jombang) Masuk kawasan zona merah Covid sejak kemarin,” katanya singkat ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (10/2/2021).

Sayangnya, Subandriyah enggan berpanjang lebar terkait penerapan zona merah tersebut. Lagi-lagi dia hanya membenarkannya. “Masyarakat kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata mantan Direktur RSUD Jombang ini.

Sementara itu, berdasarkan data di laman Dinas Kesehatan Jombang pada Selasa (9/2/2021) pukul 14.00 WIB, jumlah positif Covid mencapai 3731 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 3269 sembuh, kemudian 111 masih dirawat, dan 351 meninggal. Jumlah kumulatif tersebut mengalami lonjakan dibanding hari sebelumnya. Jumlah kematian pasien juga cukup tinggi, yang mencapai 9,4 persen.

Terlepas dari itu semua, banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo berangsur surut. Awalnya ada 12 dusun yang tergenang. Namun saat ini sudag 6 dusun yang debit airnya surut. Bahkan tidak ada genangan. Sementara enam dusun lainnya masih tergenang. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar