Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Banjir Bandang Terjang Rumah Warga dan Akses Jalan di Bangilan Tuban

Kondisi Dusun Banaran, Desa Sidotentrem, Kec Bangilan, Tuban yang diterjang banjir bandang

Tuban (beritajatim.com) – Banjir bandang menerjang wilayah Dusun Banaran, Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Senin (7/3/2022) malam. Tentu saja, warga yang tinggal di sekitar bantaran Kali Tempur, panik.

Pasalnya, air bah tiba-tiba datang dan masuk ke rumah warga serta akses jalan yang ada di desa tersebut. Banjir bandang tersebut merupakan air kiriman dari wilayah perbukitan setelah hujan lebat sekitar 3 jam lebih. “Warga kaget, airnya mulai masuk rumah dan jalan itu sekitar Magrib,” ujar Supri, salah satu warga Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan.

Menurut warga, air bercampur lumpur berwarna kecoklatan itu masuk ke sejumlah rumah warga hingga setinggi lutut orang dewasa. Sedangkan untuk akses jalan desa yang terendam ketinggiannya lebih dari setengah meter. Sudah begitu, arusnya cukup deres.

Sementara itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Sudarmaji mengatakan bahwa banjir merendam kawasan pemukiman Dusun Banaran, Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan. Banjir di kawasan itu merupakan air kiriman dari wilayah perbukitan di Kecamatan Kenduruan, Tuban.

“Penyebab banjir adalah kiriman air dari Desa Bendonglateng, Kecamatan Kenduruan dan dari bukit yang terletak di barat dan utara yang berkumpul di pertemuan aliran sungai (Kali Tempur). Sehingga air sungai meluap dan mengakibatkan terendamnya rumah warga yang berada di sekitar bantaran sungai itu,” jelas Sudarmaji.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian tersebut. Namun demikian, akses jalan yang sempat terendam banjir dan berubah menjadi layaknya sungai panjangnya sekitar 1,5 kilometer. [mut/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar