Peristiwa

Banjir Bandang Terjang Pemukiman dan Kantor Desa di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Hujan deras di wilayah pengunungan mengakibatkan banjir bandang yang menghantam pemukiman warga di Desa Sumugung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (20/11/2020). Balai desa setempat juga sempat terendam.

Beruntung tidak sampai ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Air bercampur lumpur tersebut cepat surut, meski arusnya terbilang sangat deras. Bencana itu diawali hujan deras sekitar dua jam di beberapa wilayah penggunungan Kecamatan Montong. Hal tersebut membuat sungai atau Dam Desa Sumurgung tidak mampu menampung tingginya debit air.

“Air kemudian meluap dan masuk ke pemukiman. Banjir ini sudah langganan, yakni dari luapan Dam Sumugung dan dari Kebonagung,” terang Camat Montong, Suwoto, saat dikonfirmasi terkait kejadian itu.

Derasnya arus membuat sejumlah warga yang tinggal di Desa Sumurgung, sempat panik. “Tidak sampai ada korban jiwa. Memang sempat masuk rumah dan juga kantor desa, tapi airnya sebentar langsung habis,” tambahnya.

Menurut Camat Montong, tidak sampai ada rumah warga yang mengalami kerusakan akibat kejadian banjir kiriman bercampur lumpur itu. Selain rumah, banjir juga menerjang area persawahan hingga puluhan hektar. Padahal lahan pertanian tersebut sudah ditanami bibit padi.

“Untuk lahan pertanian tak ada imbas soalnya lahan bero. Bibit padinya baru berusia 15 hari, luasanya sekitar 20 hektar,” pungkasnya. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar