Peristiwa

Banjir Bandang Terjang Kecamatan Dander

Bojonegoro (beritajatim.com) – Banjir bandang terjadi di Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Banjir terjadi setelah terjadi hujan dengan intensitas sedang dan ringan yang terjadi terus menerus pada Jumat (28/2/2020) malam.

Akibat hujan yang terjadi pada sore hingga malam itu Sungai Kare dan Sungai Ceweng yang melintas di Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander meluap. Luapan air meluber hingga ke permukiman dan menggenangi rumah maupun persawahan.

Hasil kajian cepat yang dilakukan Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan banjir yang terjadi di Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro berdampak menggenangi sebanyak 40 rumah dan jalan poros desa.

“Tinggi genangan terjadi antara 10 sampai 20 centimeter,” ujar Ketua FPBI Kabupaten Bojonegoro Nurcholis, Sabtu (29/2/2020).

Sementara Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Nadif Ulfia mengatakan, banjir yang terjadi di Kecamatan Dander tidak hanya terjadi di Desa Sendangrejo, namun juga terjadi di Desa Ngunut dan Desa Dander.

“Untuk rumah yang tergenang di Desa Ngunut dan Desa Dander terdapat dua Rumah di RT 12 RW 03, rumah milik Sugito tergenang setinggi 30 cm dan rumah milik Handayani 10 cm,” ungkapnya.

Selain menggenangi rumah, juga jalan poros Kecamatan yang menghubungkan antara Dander dan Ngasem. Hingga dini hari air belum surut. Pagi tadi sejumlah rumah yang tergenang air mulai surut. Warga mulai melakukan pembersihan rumah bekas lumpur. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar