Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Banjir Bandang Magetan, Jalan Wisata dan Pipa Air Minum Rusak

Longsor yang terjadi di Desa Ngancar, Plaosan, Magetan tepatnya di jalan menuju kawasan wisata Air Terjun Tirtosari, Senin (7/2/2022).

Magetan (beritajatim.com) – Banjir bandang dan tanah longsor di kawasan Desa NGancar, Plaosan, Magetan mengakibatkan jalan wisata ambrol hingga kerusakan pipa air minum warg. Banjir yang terjadi pada Minggu (6/2/2022) malam itu juga mengakibatkan kerusakan lahan pertanian milik warga setempat.

Kejadian itu disampaikan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Eka Wahyudi. Pihaknya sempat mendatangi lokasi untuk melihat seberapa dampak yang terjadi.

‘’Kami sudah lakukan assessment ke lokasi. Benar kejadiannya malam hari. Kerusakannya meliputi jalan wisata menuju Air Terjun Tirtosari sepanjang 200 meter, pipa air swadaya masyarakat, proyek DAM mini PLTA masyarakat, tembok penahan aliran sungai, pipa irigasi, dan tanaman wortel milik masyarakat setempat,’’ kata Eka, Senin (7/2/2022).


Eka menyebut luapan air berasal dari aliran air Terjun Tirtosari lantaran, wilayah atas diguyur hujan deras selama lima jam. Dari aliran air terjun itu, berakibat pada pipa air minum warga. Bahkan, meluap ke aliran sungai yang di dekat lahan pertanian warga.

Termasuk jalan wisata menuju ke air terjun Tirtosari. Tak hanya itu, hujan deras juga mengakibatkan tanah longsor.

‘’Ada tujuh titik pertanian longsor menutup jalan di sepanjang jalan menuju Wisata Air Terjun Tirtosari. Material longsor juga merusak lahan di bawahnya berupa tanaman wortel sehingga dipastikan gagal panen. Masyarakat sudah melakukan upaya pembersihan secara mandiri. Kerugian masih dalam pendataan,’’ kata Eka. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev