Peristiwa

Banjir Bandang di Bondowoso, 79 Hewan Ternak Hilang

Bondowoso (beritajatim.com) – Puluhan hewan ternak milik warga di Dusun Pesanggrahan, Dusun Sempol, dan Dusun Kampungbaru, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur hilang dibandang banjir kemarin.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso menyatakan, 79 ekor hewan ternak jenis kambing hilang. “Yang terdampak 800 ekor kambing dan 23 ekor sapi,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian Bondowoso Cendy Herdiawan, Kamis (30/1/2020).

Menurut Cendy, ternak di sana komunal dan terpisah dari rumah penduduk. Populasi ternak tinggi. Satu peternak bisa memiliki 20-30 ekor.

Pemkab Bondowoso baru bisa menangani 250 ekor hewan yang terdampak. “Karena sebagian kandang masih digembok karena pemilik masih membersihkan rumah,” kata Cendy. Disperta Bondowoso memberikan disinfektan untuk membersihkan kandang dan memandikan ternak.

Cendy mengatakan, tidak ada gangguan kesehatan yang serius pasca banjir. Hanya sebagian ternak tidak mau makan karena stres. Petugas akhirnya menyuntikkan vitamin ke tubuh mereka. Pemkab Bondowoso belum mendata kerugian, termasuk kandang yang hanyut. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar