Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Bangunan Liar Sepanjang Jalan Tembus, Satpol PP Magetan Kewalahan

Bangunan liar di sepanjang jalan tembus Magetan, mayoritas tak memiliki ijin mendirikan bangunan. (Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Ada puluhan bangunan liar di sepanjang Jalan Tembus Cemoro Sewu Sarangan yang belum memiliki ijin mendirikan bangunan. Dan tiap tahun terus bertambah. Ini hal yang jadi pekerjaan rumah terumit bagi Satpol PP dan Damkar Magetan.

‘’Untuk yang sudah berdiri, akan slit untuk menertibkan. Kami tidak mungkin menyutuh mereka pindah tanpa ada tempat yang pas untuk mereka jualan lagi. Kasihan pedagang jika hanya disuruh pindah tanpa ada solusi yang pas dari kami,’’ kata Kabid Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar Magetan Ferry Yoga Saputra.

Dia menyebut kalau lebih dari lima puluh warung yang berdiri. Dan meski itu d tanah negara, pihaknya bakal kewalahan jika seluruh pedagang harus diberi pengarahan. Pasti bakal banyak yang protes karena tak tahu harus oondah kemana jika pemerintah tak siapka tempat yang sama strategisnya.

‘’Nah maka dari itu, setidaknya usaha kami adalah jangan sampai mereka ini bertambah. Kami selalu ingatkan pada masyrakat yang hendak mendirikan bangunan untuk memperhatikan aspek perijinannya,’’ katanya.

Selain itu, pihaknya tak mengijinkan mereka membongkar guardrail yang berdiri di sepanjang jalan tembus cemoro sewu Sarangan. Untuk yang sudah berdiri mayoritas membobgkar guardrail untuk membuka warung.

‘’Ini yang salah kaprah, kami kewalahan untuk yang sudah terlanjur merusak fasilitas penerintah. Dan sebenarnya itu sudah bukan ranah kami, karena sudah masuk pidana,’’ terangnya.

Selain itu, untuk yang sudah terlanjur berdiri jhga diharapkan mengurus perijinan di dinas dinas terkait. Alhasil, dirinya hanya sebatas memberikan imbauan. Karena tak mungkin melakukan penyegelan.

‘’Butuh koordinasi dengan pihak lintas sektor untuk mengurai permasalahan ini. Lantaran, ada juga bangunan yang sudah dibangun permanen,’’ katanya. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar