Peristiwa

Bangun Jalan Masuk ke Stasiun Magetan, Pemkab Siapkan Rp 200 Juta

Lahan yang sudah disiapkan untuk membuka jalan masuk menuju Stasiun Magetan langsung dari depan. 

Magetan (beritajatim.com) – Jalan masuk menuju Stasiun Magetan yang sudah ada saat ini dianggap tak efektif. Jalan dari arah Kelurahan Mangge dan menuju ke arah samping stasiun yang terletak di Desa Karangsono, Kecamatan Barat Kabupaten Magetan, Jawa Timur itu. Kini Pemkab Magetan bakal membangun jalan masuk yang mengarah langsung ke bagian depan Stasiun Magetan dan disiapkan anggaran Rp200 juta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Muhtar Wakid membenarkan jika pihaknya sudah menyiapkan lahan dan bakal segera pengerjaan untuk membangun jalan pada Maret atau April 2023.

“Bakal dibangun kemungkinan Maret atau April 2023 ini kalau tidak ada halangan ya. Anggarannya kami perkirakan Rp200 juta,” kata Muhtar pada beritajatim.com, Jumat (06/01/2023).

Namun, Muhtar menyebut jika desainnya masih dalam pengembangan. Sehingga, dia belum tahu pasti apakah bakal dibuat paving biasa atau hotmix.

Selama ini, stasiun yang sebelumnya bernaa Stasiun Barat itu hanya memiliki satu jalan masuk saja. Namun, Pemkab Magetan menginisiasi untuk membangun jalan dari arah depan. Pemkab lantas melakukan pembebasan lahan milik warga Desa Karangsono, Barat, Magetan. Ada 6 KK yang lahannya dibebaskan dan dianggarkan sekitar Rp2,3 miliar untuk pembebasan lahan pada 2022 lalu.

“Kalau pembebasan lahan sudah selesai. Di tahun 2022.sudah kami lakukan peningkatan jalan menuju stasiun Magetan dengan meratakan lahan yang dulunya itu adalah rumah huni warga. Kami sudah selesaikan, anggarannya saat itu Rp122 juta,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Magetan Suprawoto sudah mewacanakan untuk membangun jalan guna mengekspos wajah Stasiun Magetan sejak 2018 lalu. Namun, selama 2 tahun adanya refocusing anggaran membuat pemkab tak bisa segera melakukan pembebasan lahan.

“Tujuannya supaya wajah Stasiun Magetan itu bisa kelihatan dari jalan. Makanya kami berencana membangun jalan masuk dari ruas Jalan Raya Karangsono,-Teguhan yang berada di pinggir kanal,” kata Suprawoto.

Diketahui, Stasiun Magetan dulunya bernama Stasiun Barat. Pada November 2019 lalu, Stasiun Barat dengan bangunan lama sudah digusur dan bangunan Stasiun agar bergeser ke arah timur dari lokasi awal. Kini bangunan stasiun 100 persen bangunan baru dan sudah beroperasi untuk membeli tiket, naik turun penumpang, dan aktivitas lainnya. [fat/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar