Peristiwa

Bandara Banyuwangi Tutup, Penumpang Diberi Dua Opsi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Banyuwangi terdampak pembatalan penerbangan akibat ditutupnya bandara karena erupsi Gunung Raung. Mereka tampak kecewa karena perjalanan terganggu.

Pasca pembatalan itu, para calon penumpang diberikan sejumlah opsi. Di antaranya opsi refund atau pengembalian tiket, atau memilih re schedule.

“Saya mau ke Jakarta, baru tahu penerbangan ditutup saat perjalanan. Saya mau terbang jam 12.20 WIB, saya berangkat jam 10.18 WIB, dikasih tau pas hampir nyampek sekitar Jam 10.58 WIB,” ungkap Teuku Radita salah seorang calon penumpang, Minggu (7/2/2021).

Atas kejadian ini, Dia memilih refund karena tidak tahu kejelasan sampai kapan penerbangan akan kembali dibuka. Meskipun dirinya harus merelakan jadwal kegiatan yang mestinya dilaksanakan. “Mestinya saya harus ke Bekasi meneruskan studi, tapi ya mau gimana lagi kondisinya seperti ini,” ucap gadis asal Kecamatan Kabat ini.

Sementara itu hal yang sama juga dilakukan oleh Prayogo. Dirinya memilih refund tiket karena tak ada kejelasan kondisi penerbangan. “Saya mau ke Jakarta, hari ini gagal karena penerbangan di cancel. Jadwal kita jadi tertunda,” ucapnya.

Pihak maskapai telah memberikan pilihan bagi para calon penumpang untuk memilih yang terbaik. Karena, maskapai juga tak bisa memberikan kepastian bandara sampai kapan akan ditutup. Mengingat kondisi erupsi gunung Raung hingga kini masih terjadi.

“Kita hari ini punya 38 penumpang tujuan Jakarta. Sampai saat ini kita masih mengikuti NOTAM terkahir dari Airport ya. Kalau ada yang refund, sesuai aturan pemerintah kita ada potongan 10 persen ya. Karena ini Force Majeure, tapi kalau mau reschedule kita free,” ungkap Stasiun Manager Citylink Sahrum Mubarak.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II Cabang Banyuwangi memastikan kelanjutan penutupan bandara akibat dampak erupsi Gunung Raung. Sebelumnya, NOTAM penutupan bandara dimulai sejak pukul 08.50 hingga 14.50 Wib pada Minggu (7/2/2021). Namun, setelah adanya evaluasi penutupan kembali dilakukan. (rin)



Apa Reaksi Anda?

Komentar