Peristiwa

Peristiwa di Waduk Long Storage Kalimati Mojokerto

Balai Dusun Lemiring Jadi Posko Pencarian Korban Tenggelam

Mojokerto (beritajatim.com) – Pencarian korban tenggelam, Ach Dafin Afandi (17) di Waduk Long Storage Kalimati di Dusun Lemiring, Desa Leminggir, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto belum membuahkan hasil. Balai Dusun Lemiring dijadikan Posko Team Basarnas dan Potensi Relawan.

Kapolsek Mojosari, Kompol Heru Purwandi mengatakan, saat Minggu (14/3/2021) petang, upaya pencarian korban masih belum membuahkan hasil. “Korban masih belum ditemukan dan sementara kegiatan pencarian oleh team dihentikan dengan pertimbangan situasi,” ungkapnya.

Sehingga Balai Dusun Lemiring dijadikan Posko Team Basarnas dan Potensi Relawan. Masih kata Kapolsek posko didirikan untuk mengevaluasi kegiatan operasional serta merencanakan langkah-langkah pencarian yang akan dilanjutkan pada, Senin (15/3/2021).

“Besok pukul 07.00 WIB, upaya pencarian akan kembali dilakukan Team Basarnas dan Potensi Relawan. Hasil kordinasi, besok pagi anggota Polsek dan Koramil Mojosari akan di back-up anggota Sabhara Polres Mojokerto untuk mengamankan agar warga tidak berkerumun berada di pinggir waduk,” katanya.

Kapolsek menjelaskan, pihaknya memeriksa saksi-saksi termasuk tiga orang teman korban yakni Akmad Fakhrur Rozy, Eko Saputra dan M Iskak. Pihaknya juga mengamankan barang milik korban yang tertinggal di Tempat Kejadian Perkara (TKP) berupa sepasang sepatu jepit warna putih hijau.

“Jadi korban bersama 3 temannya ke waduk mencari warung yang ada di pinggir waduk untuk ngopi. Tiba tiba korban berkeinginan berenang menyeberangi bendungan Long Storage Kalimati dari arah tepi bendungan Desa Leminggir ke tepi bendungan ke arah utara,” jelasnya.

Yakni sisi utara Waduk Long Storage Kalimati di Dusun Mergayu, Desa Mergobener, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Meski dilarang, korban tetap bersihkukuh untuk berenang dan langsung melompat ke waduk dan berenang ke arah utara. Namun sampai tengah, korban sempat berhenti sebentar.

“Korban berhenti sambil menarik nafas kemudian melanjutkan berenang. Teman korban melihat korban seperti kelelahan dan sesekali tenggelam kemudian muncul kembali ke permukaan. Salah satu teman korban lari lewat jembatan ke utara untuk menolong korban,” ujarnya.

Namun belum sampai ke posisi korban berenang, lanjut Kapolsek, teman korban sudah tidak kuat dan akhirnya kembali dengan dibantu oleh masyarakat yang ikut menolong. Saat itu, korban masih terlihat berenang namun dalam keadaan kelelahan dan sekira kurang lebih berjarak 25 meter dari batas tepi utara.

“Posisi korban sudah di utara, masuk wilayah Dusun Mergayu, Desa Mergobener, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, namun korban tiba-tiba tenggelam. Sehingga mulai tadi pagi, Team Basarnas dan Potensi Relawan dengan menggunakan perahu karet melakukan penyisiran untuk mencari korban,” tegasnya. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar