Peristiwa

Balai Besar TNBTS Imbau Wisatawan Waspada Saat Banjir Datang di Bromo

Malang (beritajatim.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengingatkan wisatawan untuk selalu waspada dengan potensi banjir di kawasan Lautan Pasir Bromo yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Terutama dengan musim hujan saat ini.

“Bagi wisatawan atau pengunjung yang kebetulan melewati atau berada pada lokasi kejadian (Lautan Pasir) tersebut akan menyulitkan untuk melakukan mobilisasi karena terhambat oleh aliran air,” kata Humas TNBTS, Syarif Hidayat, Sabtu, (2/2/2019).

“Sehingga faktor ketenangan dan kewaspadaan terhadap apa yang terjadi menjadi kunci atau faktor penting dalam menyikapi fenomena banjir di Laut Pasir tersebut,” imbuh Syarif.

Syarif mengatakan, aliran air di Lautan Pasir yang membentuk sungai akan bermuara di Blok Mendongan sebelah Barat Laut Pasir atau Timur Laut Blok Watu Kuto. Selanjutnya akan muncul sumber mata air di Desa Ngadirejo, Sapi Kerep, Wonokerto, Ngadas, Umbulan Sukapura, bahkan sampai dengan pemandian Banyu Biru dan Umbulan Lain di Kabupaten Pasuruan yang berada di Kaki Kawasan Bromo Tengger Semeru.

“Mengantisipasi cuaca ekstrim yang diprediksi masih akan terus berlanjut di kawasan TNBTS, kami menghimbau agar para pengunjung dan masyarakat yang akan berwisata melewati laut pasir untuk waspada, berhati-hati, tidak melewati laut pasir pada musim hujan untuk menghindari terjabak situasi banjir,” papar Syarif.

Syarif mengimbau, kendaraan wisatawan agar melewati jalur aman yang sudah tersedia dan tidak membuat jalur-jalur baru. Wisatawan juga diimbau memiliki informasi yang cukup mengenai kondisi pada saat berkunjung di kawasan wisata Bromo dan sekitarnya.

“Balai Besar TNBTS akan terus menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian yang tidak dinginkan di dalam kawasan serta akan memberikan informasi yang memadai mengenai fenomena atau kejadian yang terjadi di dalam kawasan TNBTS,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar