Peristiwa

Balai Besar TNBTS Bantah Gunung Bromo Erupsi

Malang (beritajatim.com) – Gunung Bromo dikabarkan erupsi dan berstatus siaga. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membantah pemberitaan disejumlah media atas kabar itu.

“Menanggapi pemberitaan media terkait status Gunung Bromo yang diberitakan erupsi, perlu disampaikan beberapa hal, bahwa kondisi Gunung api Bromo berdasarkan pemantauan dilapangan saat ini dalam situasi dan kondisi kondusif seperti hari-hari biasanya,” kata Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, Selasa, (19/2/2019).

Pihak otoritas terkait menyebut, berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Gunug Api (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung api Bromo di Ngadisari, Kecamatan Sukapura disampaikan bahwa tingkat aktivitas Gunung api Bromo masih level II waspada.

Cuaca yang dilaporkan disekitar Gunungapi Bromo yaitu, cerah, berawan, mendung dan hujan, dengan tiupan angin lemah ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya dan barat. Suhu rata-rata 12-20 ºC, kelembaban udara 0-0 % dan tekanan udara 0-0 mmHg.

“Secara visual gunung terlihat jelas hingga kabut. Asap awan bertekanan lemah hingga sedang teramati putih dan coklat dengan intesitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50 sampai 700 meter diatas puncak kawah. Aktivitas treamor (microtreamor) dengan amplitude 0.5-1 mm,” tandasnya.

John mengatakan berdasarkan data dan kondisi saat ini secara umum kondisi Gunung api Bromo masih dalam situasi kondusif dengan beberapa potensi kesiapan yang harus ditingkatkan yaitu kewaspadaan dan mematuhi arahan dan instruksi pengelola TNBTS dan PVMBG. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar