Peristiwa

Bakar Daun Bambu Kering, Api Meluas dan Membahayakan Permukiman Warga

Bojonegoro (beritajatim.com) – Diduga akibat membakar daun kering api merambat hingga membakar beberapa dapur bambu. Kobaran api beruntung segera diketahui warga dan dilaporkan kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro Sukirno melaporkan, peristiwa kebakaran lahan bambu terjadi di Desa Guyangan RT 02 RW 02 Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Senin (27/7/2020) sekitar pukul 10.59 WIB.

Kebakaran diduga berawal dari pemilik lahan bambu, Uminto yang sedang membakar daun bambu yang jatuh dan sudah kering. Namun, saat membakar sampah Uminto tidak menunggui dan api merambat ke lahan bambu. Beruntung api tidak sampai membesar dan merambat ke permukiman warga.

“Sekitar pukul 12.10 WIB, sebanyak 12 petugas sudah berhasil memadamkan api dengan menggunakan dua unit armada fire truck dan satu unit fire commander dari pos kota,” ujar Sukirno.

Api diketahui sudah membakar tiga bambu dapur dengan total kerugian ditaksir mencapai Rp750 ribu. Sedangkan dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Sementara diketahui, proses pemadaman juga diikuti oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, personil Polsek, Satpol PP, BPBD, Perangkat Desa serta masyarakat setempat.

Sebelumnya, pada Jumat lalu, kebakaran juga terjadi di rumah milik Suwadi (60) Warga RT 18 RW 04 Desa Penganten Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Kebakaran diduga berasal dari kebocoran kompor gas yang lupa tidak dimatikan dan ditinggal salat magrib berjamaah. Api berhasil dipadamkan oleh warga setempat menggunakan peralatan seadanya.

Petugas pemadam kebakaran sehingga hanya melakukan pendinginan pada pukul 19.30 WIB dengan mengerahkan dua unit mobil dan delapan personil dari pos Kota dan dibantu masyarakat sekitarnya.

Taksir kerugian yang dialami korban sekitar Rp1,5 juta meliputi kompor, jendela dapur dan sebagian teras samping dengan ukuran 1×3 meter terbakar yang menjalar ke tumpukan jerami kering. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar