Peristiwa

Bahu Membahu Semprotkan Desinfektan di Ruang Publik

Mobil damkar melakukan penyemprotan desinfektan di jalan protokol di Ponorogo.(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dua mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk melakukan penyemprotan desinfektan di jalan-jalan protokol di bumi reyog. Mulai dari jalan HOS. Cokroaminoto, Jendral Sudirman dan finis di aloon-aloon Ponorogo. Kegiatan yang dilakukan oleh beberapa elemen masyarakat mulai dari Polres, Kodim 0802, BPBD, dan instansi terkait itu bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat supaya tenang.

“Total ada 110 personel, gabungan dari Polri dan TNI serta dinas terkait melakukan penyemprotan serentak, supaya bakteri maupun virus yang berada di ruang publik bisa mati,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Arief Fitrianto, Senin (31/3/2020).

Selain jalan-jalan protokol yang diseprot secara mobile, Arief menyebut fasilitas umum seperti rumah ibadah, pasar dan terminal juga dilakukan penyemprotan secara personel oleh petugas. Dengan sinergitas antar pemangku kepentingan ini, diharapkan bisa menjadi contoh masyarakat. Sehingga secara swadaya mereka juga melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungannya sendiri.

“Jadi masyarakat bisa juga mengantisipasi sendiri, dengan melakukan penyemprotan desinfektan secara swadaya, sebab memerangi virus corona ini adalah tugas semua,” katanya.

Arief menambahkan bahwa Dinas Kesehatan Ponorogo akan mengedukasi masyarakat terkait dengan cara pembuat desinfektan mandiri. Sebab diketahui, seiring mewabahnya Covid-19 mulai sulit mendapatkan desinfektan buatan pabrik. Penyemprotan ini, lanjut Arief akan dilakukan secara rutin, sampai keadaan kondusif dari virus corona. “Jadi penyemprotan desinfektan ini akan kami lakukan secara terus menerus, sampai tidak ada lagi virus corona di Indonesia,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar