Peristiwa

Bahan Baku Makanan Jemaah Haji Indonesia dari Tanah Air

Madinah (beritajatim.com) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pastikan bahan baku yang makanan jemaah haji berkualitas tinggi. “Alhamdulillah kami melakukan pengecekan ke dapur yang menyediakan makanan untuk jemaah haji,” kata Direktur Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Selasa (23/7/2019).

Saat melakukan peninjauan di salah satu perusahaan katering, Sri Ilham memastikan semua proses penyimpanan bahan baku, penataan dapur hingga memasak berjalan dengan baik dan higienis. “Penyimpanan sayur dipisah, tidak digabung dengan daging dan ikan. Gula, beras dan garam juga berada di ruang penyimpanan tersendiri,” ujar Sri Ilham dikutip dari laman Kemenag.

Sri Ilham yang juga bertindak sebagai Pengendali Teknis Pelayanan Luar Negeri PPIH ini juga menjamin bahwa makanan yang disediakan oleh pemerintah dapat memenuhi kebutuhan gizi jemaah haji Indonesia. “Sesuai dengan kontrak kita dengan penyedia katering, kita memang meminta mereka untuk menyiapkan bahan baku dari Indonesia,” ujar Sri Ilham.

Ia mengatakan bahwa PPIH mensyaratkan perusahaan katering untuk menggunakan bahan baku dari Indonesia, antara lain bumbu, kecap, teh, termasuk juga ikan patin, termasuk juru masak dari Indonesia. “Sehingga tadi kita rasakan sendiri bagaimana kualitas dari makanan yang akan didistribusikan ke jemaah,” imbuhnya.

“Seperti yang tadi saya coba, memang nasinya pulen dan sayur mayurnya juga fresh, tidak terlalu matang, tidak terlalu keras dan rendangnya sudah sesuai dengan rasa rendang yang ada di Indonesia,” ujar Sri setelah mencicipi masakan yang disiapkan untuk makan malam jemaah hari ini. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar