Peristiwa

76 Heppiii Community Jombang Lawan Corona

Bagikan Tempat Cuci Tangan di Kampung Martabak

Jombang (beritajatim.com) – Sebuah mobil pikap berisi dua tong cairan disinfektan menyusuri jalanan Desa Mentoro, Kecamatan Sumobito, Jombang, Selasa (12/5/2020). Kendaraan tersebut menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah titik strategis desa yang berjuluk ‘Kampung Martabak’.

Beberapa orang juga membawa tangki yang merupakan alat penyemprotan. Petugas tersebut mengisi tangki dengan cairan disinfektan dari drum plastik di mobil pikap tersebut. Mereka kemudian menyemprotkan cairan pembasmi kuman tersebut ke rumah-rumah warga. Begitu seterusnya.

Penyemprotan yang berlangsung di Desa Mentoro itu merupakan wujud nyata dari ’76 Heppiii Community Jombang’ dalam menghadang laju penyebaran virus corona atau Covid-19. “Ini sudah kali kedua. Kami melakukan penyemprotan rumah warga dan fasum (fasilitas umum) di desa,” ujar salah satu panitia yang juga pegiat 76 Heppiii Community Jombang, Yoni Alfayid.

Yoni menjelaskan, kegiatan yang berlangsung di Desa Mentoro sudah dua kali ini. Sebelumnya, digelar pada akhir April 2020. Saat itu, 76 Heppiii Community Jombang menyerahkan 20 buah tempat cuci tangan portabel. Tempat cuci tangan tersebut kemudian dipasang di pos kamling dan fasilitas umum lainnya. Selain itu juga pembagian 500 lembar masker untuk warga desa.

“Apa yang kami lakukan ini sebagai tindakan nyata mencegah penyebaran virus corona. Semoga penyemprotan, pembagian masker dan tempat cuci tangan ini bisa memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Yoni ketika berada di Balai Desa Mentoro.

Yoni menambahkan, Mentoro dikenal sebagai kampung martabak. Karena di desa tersebut terdapat puluhan orang yang bekerja sebagai penjual martabak.

Nah, paguyuban penjual martabak inilah yang juga aktif di 76 Heppiii Community Jombang. “Ada 60 penjual martabak yang aktif di paguyuban. Kegiatannya banyak sekali, salah satunya arisan,” ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kaur Umum Desa Mentoro Achmad Marzuki menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh komunitas tersebut. Sekitar 20 tempat cuci tangan itu dipasang di pos kamling. Selanjutnya, warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Jalanan yang disemprot sekitar 4 kilo meter, sedang rumah penduduk yang ada di Desa Mentoro sebanyak 800 unit. Kami mewakili desa, menyampaikan terima kasih atas bantuan ini,” ujar Marzuki. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar