Peristiwa

Bagikan 150 Ikan Cupang, Upaya Cegah Mewabahnya Demam Berdarah

Kadinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini ikut membagikan ikan cupang.(foto : Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 150 ikan cupang dibagikan kepada warga Dusun Kebon Kelurahan Kadipaten Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dilakukan bersamaan dengan kegiatan posyandu balita desa setempat.

Pemberian ikan cupang itu sebagai upaya dari Pemkab Ponorogo dalam mencegah mewabahnya demam berdarah dengue (DBD).

”Ikan cupang ini adalah predator untuk jentik nyamuk. Jadi salah satu cara yang efektif untuk menekan wabah DBD dengan memelihara ikan tersebut,” Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini yang juga hadir dalam pemberian ikan vupang tersebut, Senin (13/1/2020).

Dinkes Ponorogo, kata Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini terus menerus mengajak masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara rutin. Sehingga bisa membuat perkembangbiayakan nyamuk ini bisa ditekan. Selain itu juga melakukan cara-cara yang lain, seperti memelihara ikan cupang tersebut.

”Ketika lupa dalam pengurasan penampungan air di rumah kita, ikan cupang ini bisa jadi solusi untuk memakan jentik nyamuknya,” katanya.

Irin meyakinkan tidak perlu khawatir akanĀ  ikan cupang tersebut. Pasalnya, karena bukan ikan konsumsi, ikan tersebut tidak berbau. Selain itu jika jentik nyamuk habis, ikan tersebut akan kembali memakan kotoran-kotorannya.

”Kotoran ikan cupang itu kecil-kecil, jadi kalau jentik nyamuk habis, akan dimakan lagi kotorannya,” pungkasnya.(end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar