Peristiwa

Awas! Mudik dari Bali ke Pulau Jawa Diperketat

Banyuwangi (beritajatim.com) – Polresta Banyuwangi mulai lakukan pemanasan jelang pemberlakuan larangan mudik. Sejumlah satuan polisi lalu lintas melakukan tindakan awal sebagai langkah sosialisasi.

Dalam tindakan itu, penyekatan pemudik di sejumlah perbatasan diperketat. Terutama pemudik asal Pulau Bali menuju Pulau Jawa via penyeberangan Ketapang.

Terpantau ada ratusan penumpang kendaraan umum dan pribadi terjaring dalam operasi awal penyekatan ini. Mereka rata-rata tak melengkapi dokumen kesehatan bebas Covid-19.

Akibatnya, mereka dilarang melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan. Mereka diminta untuk melengkapi dokumen kesehatan di pelabuhan. “Ya, kalau mereka tidak melengkapi dokumen kesehatan maka kami turunkan untuk melengkapi terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan,” kata Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Ahmad Fani Rakhim, Minggu (2/5/2021).

Kompol Fani menyebut, tindakan ini hanya sebatas pengecekan awal bagi pemudik dari Bali. Pelaksanaan hingga tindakan lebih tegas akan dilaksanakan bersamaan dengan pemberlakuan larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang.

“Ini pemeriksaan awal bagi pemudik dari Bali tujuan Jawa Timur. Kita periksa bagi mereka yang belum dilakukan pemeriksaan di Gilimanuk di pintu keluar ini kita lakukan pemeriksaan untuk sejumlah tes baik rapid test, swab antigen maupun genose C19. Kita pastikan bagi pemudik dari Bali tujuan Pulau Jawa kita pastikan insyaallah sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, Erno salah seorang pemudik mengaku lolos menyeberang ke Pulau Jawa meski tak memiliki dokumen kesehatan. Dia menyebut, kondisi itu lantaran tidak ada pemeriksaan di pelabuhan Gilimanuk.

“Ya di sana tidak ada pemeriksaan, baik selama perjalanan aman tidak ada sama sekali. Kalau tau di sini ada, saya tadi ya tes dulu,” jelas Pria asal Kecamatan Genteng, Banyuwangi ini. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar