Peristiwa

Awas.. Jalur Cangar-Pacet Rawan Angin Kencang

Angin kencang robohkan sebuah bangunan di Sumber Brantas, Kota Batu.

Malang (beritajatim.com) – Angin kencang melanda wilayah Malang Raya, Kabupaten Malang, Kota Malang hingga Kota Batu, pada Minggu (20/10/2019). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengimbau masyarakat untuk berhati-hati.

“Waspada dan berhati-hati bila beraktivitas atau berkendara di jalan raya. Meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kerusakan material bangunan seperti genting, banner, baliho dan lainnya yang berpotensi jatuh atau roboh,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

BPBD mengimbau masyarakat untuk tidak melewati Jalur Cangar, Kota Batu hingga Pacet, Mojokerto. Sebab, kawasan itu masuk wilayah rawan pohon tumbang. Apalagi jatak pandang tidak begitu jelas karena angin dan debu.

“Agar tidak melewati, jalur Cangar – Pacet dikarenakan bahaya pohon rawan tumbang dan terbatasnya jarak pandang akibat angin dan debu. Melaporkan jika mengetahui ancaman atau potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat ke Posko Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu,” papar Rochim.

Sementara, di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sejak Sabtu (19/10/2019) malam banyak bangunan ambruk akibat diterjang angin. Mulai dari warung, tiang listrik, tiang lampu penerangan jalan hingga pohon. Semuanya porak poranda diterjang angin.

“Angin yang berhembus kencang disertai dengan debu mengakibatkan banyaknya kejadian yaitu rumah yang rusak, pohon tumbang, terputusnya jaringan kabel PJU, tiang listrik roboh dan baliho jalan yang roboh. Kondisi Jalan Raya Sumberbrantas saat ini cukup membahayakan untuk dilewati kendaraan karena banyaknya material pohon tumbang. Untuk kendaraan yang melewati jalur dari Pacet ke Batu dan sebaliknya banyak yang berbalik arah,” tandasnya. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar